Bahasa Internet Kurang Mendidik Bagi Anak Sekolah

Published 27 September 2012 by DindaAdzaniah

Bahasa Internet Kurang Mendidik Bagi Anak Sekolah

 

 

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini sangat pesat, salah satunya adalah teknologi internet.  Pengertian Internet itu sendiri adalah kumpulan komunikasi komputer antara satu wilayah dan wilayah yang lainnya diseluruh dunia.saling terhubung dan saling berkomunikasi yang diatur oleh protocol.

Semakin meluasnya rangkain internet, semakin banyak pertanyaan-pertanyaan mengenai internet. Salah satunya bagaimana sih bahasa yang digunakan dalam jaringan internet. Bahasa yang digunaklan di internet memang benar kurang mendidik bagi anak sekolah karena menggunakan bahasa gaul ala sms sehingga dapat membuat kacau bahasa Indonesia.

Pengaruh-pengaruh bahasa yang terjadi dalam internet terpengaruh oleh audio visual, karena dengan audio visual yang mengajarkan secara berulang-ulang dan anak menjadi lebih terlatih.

Ilmu-ilmu diinternet memang sangat bermanfaat bagi anak sekolah tapi pengaruhnya juga banyak. Terutama dalam bahasanya yang digunakanya kurang memberi pelajaran yang baik bagi anak terutama untuk Bahasa Indonesia itu sering disingkat-singkat tidak sesuai denagan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dan lebih umum menggunakan Bahasa Asing sehingga anak-anak disekolah susah menggunakan Bahasa Indonesia yang baik.

Bahasa internet memang telah membawa pengaruh pada anak, baik positif maupun negatif.  Bagaimana menghindari dampak negatif dan memaksimalkan dampak positifnya.

Sebaiknya orang tua menjelaskan pada anak sejak awal bahwa internet itu hanya digunakan untuk mengeksplorasi hal-hal yang berkaitan dengan pelajaran saja.  Sehingga anak-anak sekolah tidak terlalu memperhatikan bahasanya yang tidak bermanfaat dan dapat merusak penggunaan Bahasa Indonesia, tapi jika anak-anak sekolah dapat menggunakan dan menangkap bahasa di internet secara tepat dan dengan benar, maka dampak bahasa di internet itu sebenernya membawa mafaat yang baik dan berguna. Tetapi jika anak-anak tidak dapat menangkap bahasa internet dengan baik kemungkinan besar anak-anak akan terpengaruh dengan hal-hal buruk dari bahasa-bahasa yang digunakan di internet.

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: