Penggunaan Statistik Dalam Manajemen Pemasaran

Published 1 November 2012 by DindaAdzaniah

Penggunaan Statistik Dalam Manajemen Pemasaran

 

            Dalam tulisan ini saya akan menjelaskan peran statistik dalam kegiatan ekonomi terutama dalam manajemen pemasaran.

            Perannya dalam dunia pemasaran sangat penting terutama dalam fungsi manajemen pemasaran itu sendiri pertama dari sisi planning. Didalam pemasaran untuk memproduksi sejummlah barang harus dengan rencana agar produk tersebut berhasil dipasar. Perencanaan yang dilakukan umunnya akan menerapkan strategi seperti survey pasar yang datanya berbentuk kualitatif dan kuantitatif. Dan strategi survey ini memerlukan biaya, waktu, dan tenaga yang tersedia, karena komponen itu terbatas dalam pemasaran maka pengambilan data tersebut perlu dilakukan denagn perhitungan statisti,  kerena dalam perhitungan statistik tersedia cara pengumpulan data dengan menggunakan metode pengambilan sample.

            Bukan hanya itu saja masih ada beberapa peran statistik dalam manajemen pemasaran. Selanjutnya bila dilihat dari fungsi manajemen yang kedua yaitu organizing. Dalam pengambilan keputusan untuk system kerja yang dipakai dalam organisasi. Sisitem kerja tersebut harus efektif dan efisien maka dalam statistik ada dua cara yang dapat dipakai untuk menentukan system kerja yang akan dipakai. Pertama pengujian rata-rata, cara ini digunakan bila memiliki dua system kerja. Cara yang kedua analisis raga, cara ini dilakukan bila ingin mengetahui berapa efisiensi system kerja sekaligus.

            Peran selanjutnya dilihat dari variable yang terkait dengan kuantitas suatu produk. Didalam manajemen pemasaran kuantitas suatu produk itu sangat penting karena jika suatu produk memiliki pesaing nyata maka dapat menurunkan kuantitas produk tersebut. Dalam statistik masalah seperti ini dapat diselesaikan dengan metode ananlisi regresi berganda dengan berdasarkan bentuk hubungan yang diprolehdan setelah itu dapat diketahui variable apa saja yang berpengaruh terhadap produk tersebut sehingga dapat menurunkan kuantitasnya.

            Berapa peran statistik dalam manajemen pemasaran yang dapat saya jelaskan. Walaupun masih banyak lagi perannya bukan hanya dalam pemasarn melainkan juga dalam akuntansi dan bidang-bidang lainnya.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: