Uang (Money)

Published 27 September 2012 by DindaAdzaniah

Uang (Money)

 

            Sebelm uang dikeluarkan oleh bank, masyarakat melakukan transaksi dengan cara batter atau menukar barang yang mereka punya dengan orang lain untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan. Pada zaman manusia primitif mereka belum menganal sistem batter tapi untuk melanjutkan hidupnya mereka hanya mengkonsumsi dan menggunakan hasil pertanian dan perkebunan yang mereka punya.

Setelah bank dibentuk barulah pada saat itu masyarakat bertransaksi menggunakan uang. Pengertian dari uang itu sendiri adalah suatu benda atau alat yang mempunyai satuan hitung yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk melakukan transaksi. Uang juga memiliki kriteria yaitu Standar Perak (Silver Standard), Standar Emas (Gold Standard), dan Standar Kembar (Bimetallic Standard) tetapi sekarang kriteria uang hanya dua yaitu kertas dan logam.

Selain memiliki kriteria uang juga memiliki syarat-syarat, fungsi, jenis-jenis, dan peranan uang. Syarat-syarat suatu benda dapat dibentuk atau dibuat menjadi uang yaitu :

  1. Benda tersebut mudah disimpan, artinya benda yang dapat dijadikan uang harus mudah disimpan tidak membuat pemiliknya merasa sulit untuk menyimpan benda tersebut.
  2. Benda tersebut mudah dibawa, artinya benda tersebut harus berbentuk kecil supaya dapat dibawa kemana-mana oleh pemiliknya.
  3. Benda tersebut harus dibuat dari bahan yang disukai oleh umum, arinya benda yang dapat dijadikan uang bahannya sudah dikenal secara umum oleh masyarakat.
  4. Benda tersebut tidak mudah rusak, artinya benda yang dapat dijadikan uang harus terbuat dari bahan yang tidak mudah rusak.

 

Fungsi dari uang adalah untuk mempermudah masyarakat melakukan transaksi yang digunakan sebagia alat tukar. Jenis-jenis uang ada beberapa macam menurut kenyataannya sebagai berikut :

  1. Berdasarkan bahan yang digunakan, pada saat ini ada tiga jenis uang yaitu, uang kertas, uang logam, uang plastik.
  2. Berdasarkan lembaga yang mengeluarkannya, jenis uang yang kelompokan berdasarkan lembaganya terbag menjadi tiga yaitu, uang kartal, uang giral dan uang kuasi.
  3. Berdasarkan negaranya, jenis uang yang dikelompokan berdasarkan negaranya maka uang yang dikeluarkan oleh satu negara akan menjadi mata uang negara tersebut.
  4. Berdasarkan nilai yang terkandung dalam bendanya, jenis uang berdasarkan nilainya terbagi menjadi dua yaitu, nilai nominal dan nilai intrinsik.

 

Peranan uang dalam kehidupan masyarakat sangat penting apalagi dalam sistem ekonomi baik didalam negeri maupun diluar negeri. Didalam kehidupan masyarakat uang mempunyai peranan yang sangat penting karena setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyaratak lekat dengan penggunaan uang. Sedangkan peranan uang dalam sistem ekonomi dikatakan penting karena untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan untuk mensejahterakan rakyat pemerintah memerlukan dana.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: