Jenis-Jenis Pasar

Published 14 Oktober 2012 by DindaAdzaniah

Jenis Pasar

 

            Pasar adalah suatu tempat dimana ditempat itu ada suatu kegiatan yang mempertemukan  penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang dan jasa . pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dapat dibedakan menjadi dua yaitu :

  1. Pasar Komuditas

Pasar yang mempertemukan para pembeli dan pera penjual dalam suatu komuitas untuk menentukan jumlah dan harga barang dan jasa yang diperjual belikan.

  1. Pasar Faktor

Pasa yang mempertemuan para pengsaha dengan para factor produksi untuk menentukan jumlah dan harga barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

            Menurut wujudnya pasar juga dapat dibagi menjadi dua yaitu :

  1. Pasar Abstrak

Pasar yang tidak nyata, percakapan antara penjual dan pembeli hanya dilakukan melalui telepon dan internet mereka tidak bertatap muka secara langsung.

            Contohnya : online shop

  1. Pasar Konkret

Pasar yang nyata para penjual dan pera pembeli dpat bertemu langsung dan saling bertatap muka, barang dan jasanya pun sudah dapat dilihat dan durasakan langsung.

            Contohnya : pasar swalayan

            Berdsarkan waktunya pasar dapat dibagi lima yaitu :

  1. Pasar Tomporer

Pasar yang bias terjadi tiba-tiba tidak direncanakan dan dapat terjadi sewaktu-waktu.

  1. Pasar Harian

Pasar yang buka atau pasar yang melakukan aktivitasnya setiap hari.

            Contohnya : pasar pagidan warung

  1. PasarMingguan

Pasar yang melakukan aktivitas jual belinya dalam waktu satu minggu seminggu sekali.

            Contohnya : pasar minggu (biasanya didaerah perdesaan)

  1. Pasar Bulanan

Pasar yang bukanya hanya satu bulan sekali tetapi pada saat buka bias saja dalam berapa hari.

            Contohnya : pasar-pasar yang melakukan aktivitas didepan perkantoran

  1. Pasar Tahunan

Pasar yang melakukan aktivitasnya satu tahun sekali.

            Contohnya : pecan raya Jakarta

            Berdasarkan strukturnya pasar dibedakan menjadi dua yaitu :

  1. Pasar Persaingan Sempurna

Pasar yang jumlah pembeli dan penjualnya sangat banyak tetapi produk yang dijualkan bersifat homogen.

  1. Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar yang membebaskan para penjual dan pembeli untuk menentukan harga yang mereka inginkan.

Berdasarkan luas jangkauannya pasar dapat dibedakan menjadi tiga yaitu :

  1. Pasar Lokal

Pasar yang para penjual dan para pembelinya hanya bersal dari daerah tertentu saja.

  1. Pasar Nasional

Pasar yang para penjual dan pembelinya berasal dari berbagaiwilayah tetapi masih dalam satu Negara.

  1. Pasar Internasional

Pasar yang para penjual dan pembelinya brasal dari berbagai Negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: