Muhammad sebagai Pelaku Bisnis

Published 14 Maret 2013 by DindaAdzaniah

Muhammad Sebagai Pelaku Bisnis

 

Muhammad adalah seorang Nabi  yang bukan hanya sekedar Nabi biasa tetapi juga seorang Bussiness Owner . Dia mulai berdagang sejak usia 12 tahun sampai usia 17 tahun dan beliau mendapat julukan Bussiness Owner ketika beliau menikah dengan seorang Khadijah.

Menurut berapa ilmuan yang melakukan penelitian terhadap sejarah Nabi Muhammad sebagai Bussiness Owner pengalaman masa kecillah yang mempengaruhi beliau sukses dalam berdagang. Beberapa sifat yang dimiliki Nabi sehingga dia menjadi Bussiness Owner yang sukses dari sejak kecil Nabi selalu mempunyai keinginan untuk mencoba, mempunyai rasa percaya diri yang tinggi dan daya kritis.

Transaksi berdagang yang dilakukan Nabi Muhammad dengan cara lelang dan dalam bisnisnya  Nabi selalu menepati janji dan jujur kepada para konsumennya. Hasil yang didapat beliau dalam berdagang dibuktikan dengan memberikan mahar untuk Siti Khadijah dengan jumlah 20 ekor unta sebagai maharnya.

Beberapa kunci bisnis yang dapat kita teladani dari Nabi Muhammad SAW.

  1. Dalam bisnisnya Nabi selalu jujur

Nabi selalu melarang para pedagang menawarkan barang busuk dan beliau selalu memberikan barang yang terbaik untuk para konsumennya.

  1. Berprinsip pada nilai Agama

Bisnis yang Nabi lakukan tidak pernah lepas daripeneglihatan ALLAH jadi bisnis yang Nabi lakukan selalu menggunakan prinsip yang ada dalam Agama.

  1. Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab merupakan sifat yang selalu diterapkan Nabi bukan hanya kepeda ALLAH tetapi juga kepada para konsumennya.

  1. Berdagang bukan hanya mementingkan keuntungan

Nabi dalam berdagang hal utama yang Dia pentingkan bukan hanya soal keuntungan tetapi lebih utama tentang kepuasan konsumen.

  1. Keadilan dan Keseimbangan

Didalam bisnisnya Nabi selalu adil dan seimbang dalam memberikan upah kepada para pembantunya sesuai dengan perkerjaan masing-masing.

 

Semoga dari beberapa sifat dan kunci bisnis beliau dapat menjadi suri tauladan kita dalam melakukan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: