Etika Dalam Bisnis Syariah

Published 7 April 2013 by DindaAdzaniah

Etika Dalam Bisnis Syariah

 

          Etika adalah penjelasan yang rasional mengapa suatu hal yang kita lakukan itu baik atau buruk. Contohnya seperti berbohong kepada orang lain itu merupakan hal yang buruk. Kegunaan etika dalam kehidupan manusia agar hidup manusia teratur, bermanfaat dan bermartabat. Manusia yang menyalahi etika dalam hidupnya akan berhadapan dengan sanksi masyarakat bahkan sampai pengadilan.

            Didalam bisnis syariah etika juga sangat penting karena kegiatan bisnis tidak dapat dipisahkan dari kegiatan manusia, efesiensi dan efektifitas menjadi dasar etika bisnis didalam kalangan pembisnis tetapi sekarang tidak jarang masyarakat, lingkungan dan karakter budaya menjadi rusak karena tidak adanya etika dikalangan pembisnis.

            Etika bisnis sekarang berbeda dengan etika bisnis syariah dan perbedaan itu terletak pada orientasi jangka panjang (akhirat) dan landasan tauhid. Etika dalam bisnis syariah ini dipastikan lebih tegas dan mengikat.

            Etika bisnis syariah mempunyai dua golongan. Pertama golongan internal yang artinya bisnis yang terjadi didalam suatu perusahaan pada golongan ini lebih memperhatikan aspek kesejahteraan karyawan sedangkan golongan kedua mencakup eksternal dalam golongan inimeliputi aspek transparansi, akuntabilitas, kejujuran dan tanggung jawab.

            Sifat etika bisnis ini universal sehingga dapat dipraktekan kepada siapa saja dan juga etika bisnis syariah ini bermanfaat bagi masyarakat.

            Etika-etika seperti dalam bisnis syariahlah yang harus diterapkan dalam pembisnisan. Jika suatu perusahaan tidak memiliki etika seperti ini maka perusahaan itu tidak akan bertahan dalam jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: