Fungsi dan Tugas Bank

Published 7 April 2013 by DindaAdzaniah

Fungsi dan Tugas Bank

 

            Berdasarkan teoritis fungsi dan tugasnya bank dapat dibedakan menjadi lima jenis yaitu:

  1. Bank umum ialah bank yang dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk giro dan deposito dalam usahanya terutama memberikan kredit jangka panjang.
  2. Bank kural ialah bank yang menerima simpanan dalam bentuk uang dan bentuk natura dan usahanya ditunjukana untuk memberikan kredit jangka pendek dalam bnetuk uang dan dalam bentuk natura pada sector pertanian dan perdesaan.
  3. Bank tabungan ialah bank dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk tabungan dan dalam usahanya terutama memperbungakan dananya dalam kertas berharga.
  4. Bank sentral yang tugas pokoknya membentu pemerintah dalam mengatur dan memelihara stabilitas nilai uang serta program-program yang sifatnya ditunjukan untuk meningkatkan prekonomian dan kesejahteraan masyarakat.
  5. Bank pembangunan ialah bank yang dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk deposito atau mengeluarkan kertas berharga jangka menengah dan panjang dibidang pembangunan.

 

Berdasarkan fungsi dan tugasnya diatas, maka bank dapat ditinjau dari beberapa segi yaitu :

  1. Bank sebagai pemberi kredit yaitu bank sebagai suatu lembaga yang melaksanakan kegiatan pengkreditan.
  2. Bnak perantara pengurusan penerbitan alat pembayaran khusus yaitu bank yang bertindak sebagai perantara pengurusan traveler cheque, credit card dan sebagainya.
  3. Bank sebagai engelolah dana yaitu bank sebagai suatu lembaga yang mengelolah dana dari pihak lain seperti pemerintah, perusahaan-perusahaan perorangan dan sumber-sumber lainnya.
  4. Bank sebagai pengawasan harta yaitu bank yang bertindak sebagai pihak yang mengatur dan mengawasi harta benda milik peroranagn yang telah meninggal dunia, sesuai denagn wasiat dan nasavah yang meninggal tersebut.
  5. Bank sebagai penerima kredit yaitu bank sebagai suatu lembaga yang menerima uang dan dana-dana lainnya.
  6. Bank sebagai pelaksana atau pelayan pembayaran yaitu bank sebagai lembaga peraturan dalam pelaksanaan pembayaran untuk transaksi-transaksi didalam negeri maupun diluar negeri.
  7. Bnak sebagai penyimpanan barang berharga yaitu bank sbagai suatu lembaga tempat penyimpanan surat-surat berharga dan barang-barang berharga.
  8. Bank sebagai agen penerbitan surat-surat berharga yaitu sebagai suatu lembaga yang menjadi wakil atau wali atau agen dalam penerbitan suarat berharga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: