Pengertian Bank

Published 7 April 2013 by DindaAdzaniah

Pengertian Bank

 

            Pakar-pakar ekonomi dan perbankan mengemukaan pengertian bank. Dibahwa ini ada beberapa pengertian bank yang dikutip dari buku Dasar-dasar Perbankan diantaranya:

  1. Bank adalah suatu badan atau lembaga yang bertugas menghimpun dana dari pihak ketiga dan kemudian menyalurkannya kepada pihak-pihak yang memerlukannya.
  2. Bank adalah suatu badan yang mempunyai tugas utama sebagai perantara untuk menyalurkan penawaran dan permintaan kredit pada waktu yang ditentukan.
  3. Bank adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

 

Sedangkan menurut UU.No 7 tahun 1992 bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa bank adalah suatu lembaga keuangan yang pada pokoknya berusaha memberikan pelayanan kepada semua pihak dalam bidang penyediaan dana yang dikumpulkan dari pihak ketiga.

Jadi berdasarkan beberapa pengertian maka tindakan bank untuk melayani atau memberikan jasa kepada perorangan maupun kelompok berarti bank bertindak selaku ‘agen of trust’ pihak pemerintah maupun masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: