Ruang Lingkup Bisnis Syariah

Published 7 April 2013 by DindaAdzaniah

Ruang Lingkup Bisnis Syariah

 

          Bisnis syariah mempunyai keunikan sendiri, tidak hanya bersifat konperhensif tetapi bisnis syariah juga memiliki sifat yang universal yang artinya dapat diterapkan kapan saja dan oleh siapa saja baik muslim maupun non musim.

            Bisnis syariah memiliki 4 prinsip dalam melakukan kegiatan ekonominya yaitu Keseimbangan atau Kesejajaran, Tanggung Jawab, Tauhid dan Kehendak Bebas.

  1. Keseimbangan atau Kesejajaran

Suatu konsep yang mengharuskan adanya keadilan social didalam jalannya bisnis yang berdasarkan syariah.

  1. Tanggung Jawab

Manusia dan segala aktivitas yang dijalaninya memiliki tanggung jawab kepada Allah dan kepada sesame manusia lainnya, karena manusia tidak dapat hidup sendiri mereka hidup berdampingan dan tidak lepas dari hokum yang berlaku didunia maupun diakhirat nanti.

  1. Tauhid

Manusia harus menyakini bahwa Allah lah yang menjadi pemilik mutlak dan absolute atas semua yang berada didunia ini, dari Dial ah sumbernya dan akan berakhir kepadaNya. Maka dari itu kita sebagai manusia harus mengikuti aturannya dan batas-batas yang ditetapkan.

  1. Kehendak Bebas

Manusi diciptakan dengan satu potensi yaitu, mereka bebas memilih apa yang mereka mau kerjakan. Tetapi kehendak bebas yang di berikan Allah haruslah sejalan dengan prinsip dasar diciptakannya manusia dan harus sejalan dengan kepentingan individu terutama lagi kepada kepentingan umum.

 

Jadi ruang lingkup bisnis syariah itu dapat  dipelajari dalam agama karena bisnis syariah suatu ilmu bisnis yang petunjuk-petunjuknya terdapatdidalam Al-Qur’an

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: