Penemukenalan Keinginan dan Kebutuhan Konsumen

Published 5 Mei 2013 by DindaAdzaniah

Penemukenalan Keperluan dan Kebutuhan Konsumen

 

Metode Pengumpulan Data

            Pengumpulan data untuk dapat menemukenali keperluan dan kebutuhan konsumen biasanya dilakukan dengan menggunakan metode : panel konsumen, metode survey kuesioner, metode skala dan pengharkatan,wawancara, teknik-teknik proyektif, dan metode observasi.

            McCormick dan Tiffin (1974) menjelaskan beberapa metode pengumpulan data sebagai berikut:

  1. Panel Konsumen

Panel adalah sekelompok orang yang merupakan satu sampel dalam penelitian konsumen.

  1. Metode Survei Kuesioner

Metode ini terdiri drai sserangkaian pertanyaan yang harus dijawab oleh orang-orang yang merupakan sampel penelitian.

  1. Metode Skala dan Pengharkatan

Metode skala dan pengharkatan biasanya digunakan dalam penelitian konsumen untuk mengukur pandangan dan sikap konsumen terhadap sesuatu produk.

  1. Wawancara

Ada tiga jenis wawancara yang dapat digunakan yaitu:

  1. Wawancara Berstruktur : bentuk wawancara ini menyerupai bentuk kuesioner dengan perbedaan bahwa pertanyaan-pertanyaaan ditanyakan secara lisan.
  2. Wawancara tidak berstruktur : wawancara yang lebih lentur
  3. Wawancara dalam: wawancara dalam kadangkala digunakan untuk memperoleh pemahaman tentang motivasi manusia berkaitan dengan penggunaan produk-produk.
  4. Teknik-teknik Proyektif

Teknik-teknik proyektif adalah teknik-teknik yang menumbulkan jawaban-jawaban orang terhadaprangsangan yang secara sengaja bersifat tidak beraturan.

  1. Observasi

Observasi adalah pengamatan yang ditunjukan pada apa yang dikerjakan, bukan pada apa yang dikerjakan.

 

Penelitian pemasaran

          Beberapa penelitian pemasaran, survey, kajian yang pernah dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Survei pendapatan Konsumen

Survey ini dilakukan untuk menemukenali keinginan dan kebutuhan konsumen terhadap barang dan jasa.

  1. Pengujian Produk

Merupakan praktek umum untuk mengadakan pengujian awal dari produk-produk baru sebelum mereka dipasarkan dengan tujuan dapat diketahui sejau mana produk dapat diterima oleh para konsumen potensial.

  1. Pengepakan

Para produsen dari produk tertentu melakukan penelitian yang berkaitan dengan rancangan pengepakan untuk memperoleh pandangan dan pilihan dari orang tentang kemungkinan rancangan yang berbeda-beda.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: