Psikolog Konsumen

Published 5 Mei 2013 by DindaAdzaniah

Psikolog Konsumen

 

          Pengertian prilaku konsumen menurut beberapa ahli sebagai berikut :

  • Menurut Engel : Tindakan yang langsung terlibat untuk mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa termaksud proses keputusanyang mendahului dan mengikuti tindakan ini.
  • Menurut London dan Bitto : Proses pengambilan keputusan yang mensyaratkan aktivitas individu untuk mengvaluasi, memproleh, menggunakan, atau mengatur barang dan jasa.
  • Menurut Kolter dan Amstrong : Prilaku pembelian konsumen akhir,baik individu maupun rumah tangga, yang membeli produk untuk konsumsi personal.

Jadi prilaku konsumen adalah proses pengambilan keputusan untuk membeli suatu produk atau menggunakan suatu jasa untuk dikonsumsi personal.

Ada beberapa factor yang dapat mempengaruhi prilaku konsumen antara lain :

  1. Faktor Kebudayaaan meliputi :
  • Kultur adalah factor paling pokok dari perilaku seseorang
  • Subkultur adalah kelompok orang yang memiliki system nilai yang sama berdasarkan pengalaman
  • Kelas social adalah susunan yang relative teratur didalam masyarakat yang anggotanya mempunyai prilaku, nilai dan minat yang sama
  1. Factor Sosial meliputi :
  • Keluarga yang terdiri dari keluarga orientasi dan keluarga prokresi
  • Peran dan Status adalah posisi seseorang didalam setiap kelompok
  • Kelompok acuan adalah kelompok yang merupakan titik perbandingan untuk membentuk sikap seseorang
  1. Factor Pribadi meliputi :
  • Kepribadian adalah karakteristik yang memiliki seseorang yang menimbulkan tanggapan relative konstan terhadap lingkungannya
  • Gaya hidup adalah pola yang menunjukan kehidupan seseorang yang tercermin dalam minat, pendapatan, dan kegiatannya
  • Keadaan ekonomi adalah hal yang sangat mempengaruhipilihan produk
  • Pekerjaan adalah kegiatan yang dilakukan seseorang sebagai profesinya yang dapat menghasilakn uang
  • Usia dan tahap daur hidup, hal yang menentukan perubahan kebutuhan dan selera setiap orang
  1. Faktor Psikolog, meliputi :
  • Proses belajar adalah perubahan yang terjadi didalam prilaku seseorang yang timbul dikarenakan pengalaman
  • Motivasi adalah suatu dorongan dari luar yang dapat menekan seseorang untuk mengejar kepuasan
  • Presepsi adalah proses yang terjadi pada diri kita untuk memilih, merumuskan, dan menafsirkan masukan informasi untuk menciptakan suatu gambaran
  • Kepercayaan : kepercayaan akan membentuk citra produk dan merek, sikap : suatu yang menuntun orang untuk berprilaku relative konsisten terhadap objek yang sama

Perbedaan perilaku konsumen, perilaku pembeli dan perilaku pelanggan :

  • Perilaku konsumen adalah perilkau pada diri seseorang untuk mencari informasi tentang produk atau jasa yang dibutuhkan sampai melakukan informasi untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhannya.
  • Perilaku pembeli adalah perilaku pada diri seseorang yang sudah sampai pada tahap pembelian.
  • Perilaku pelanggan adalah perilaku pada diri seseorang dimana orang tersebut selalu melakukan pembelian lagi pada satu tempat dimana awalnya membeli.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: