Sumber Daya Insani

Published 5 Mei 2013 by DindaAdzaniah

Sumber Daya Insani

 

            Didalam Sumber Daya Insani (SDI) terdapat dua perencanaan, perencanaan kualitas dan perencanaan kuantitas SDI, serta kegiatan perancangan pekerjaan bagi SDI. Perencanaan pertama yang dilakukan perencanaan kualitas didalam perencanaan ini meliputi tingkat pendidikan, skill, pengalaman, usia dan lain-lain untuk masing-masing jabatan dalam struktur organisasi tersebut. Setelah melakukan perencanaan kualitas, maka kita membuat perencanaan kuantitas adalah merancang berapakah batas minimal jumlah karyawan kita di masing-masing jabatan dan wilayah kerja. Setelah itu, baru kita membuat perancangan pekerjaan dari masing-masing jabatan/posisi sesuai dengan struktur organisasi perusahaan.

            Setelah perencanaan SDI barulah melakukan perolehan dan penetapan SDI. Bagian ini meliputi rekruitment, seleksi dan penempatan. Rekruitment pada dasarnya merupakan aktivitas untuk mencari dan memperoleh pekerjaan yang terdapat di dalam perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan kualitas yang ditentukkan dan sesuai dengan ciri intrapreneurship. Aktivitas berikutnya setelah rekruitment adalah penempatan karyawan di posisi masing-masing. Dan sebelum mulai kerja, ada baiknya mereka diberikan orientasi pekerjaan yang menjelaskan secara rinci dan runtut apa-apa yang harus mereka kerjakan dan dengan siapa-siapa mereka harus berhubungan dan berkomunikasi.
            Selanjutnya pengembangan SDI, bidang ini meliputi pengembangan karir dan pengembangan kemampuan kerja. Pengembangan karir berkaitan dengan penyusunan jalur karir yang merupakan urut-urutan posisi (jabatan) sesuai dengan struktur organisasi. Sedangkan Pengembangan kemampuan kerja adalah cara-cara kita untuk meningkatkan kemampuan karyawan baik secara informal maupun formal.

            Dan hal terakhir yang dilakukan adalah Perancangan sistem penilaian kinerja, hal ini pada dasarnya merupakan perancangan suatu sistem formal dan terstruktur untuk mengukur dan mengevaluasi tidak hanya hasil kerja tetapi juga sikap, perilaku, pengetahuan dan keterampilan/keahlian kerja SDI. Penilaian kerja merupakan alat terkendali agar apa-apa yang dikerjakan oleh SDI selaras dengan apa-apa yang diinginkan oleh perusaahan.

            Hal-hal diatas merupakan empat prinsip yang dapat kita lakukan untukmengembangkan Sumber Daya Insani didalam bisnis kita atau dapat juga sebagai pelajaran jika menjalankan bisnis kita menggunakan Sumber Daya Insani.

            Sumber Daya Insani juga memiliki tujuan yaitu untuk mengarahkan dan mewujufkan system dan bisnis yang sehat dan istiqomah dalam penerapan dan dalam menjalankan bisnisnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: