Internet dan Outlook Ekspress

Published 5 Juni 2013 by DindaAdzaniah

Internet dan Outlook Express

Internet(Inter-Conected) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun
perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomnunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (Usenet News, email, milis), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.

         Pengertian Intenet

Internet adalah kumpulan komunikasi komputer antar satu wilayah dan wilayah yang lainnya diseluruh dunia.saling terhubung dan saling berkomunikasi yang diatur oleh protocol.dengan kata lain,internet adalah sala satu media komunikasi berupa data, dilakukan umumnya secara tertulis atau melalui video-video,tanpa perlu dilakukan secra bersamaan  antara pengirim dan penerima.

         Sejarah Internet

Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi popular.

Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringanmelonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat.

Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bias menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Ditahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Di Indonesia, jaringan internet mulai dikembangkan pada tahun 1983 di Universitas Indonesia berupa UINet oleh Dr. Joseph F.P. Luhukay.

         Konsep Internet dan Intranet

Konsep intranet, Intranet adalah suatu sistem aplikasi yang berbasis web, di mana pengguna hanya cukup menggunakan browser pada komputernya masing-masing (yang terhubung dengan network), untuk menggunakan aplikasi-aplikasi intranet. Hal ini menyebabkan spesifikasi komputer yang digunakan tidaklah perlu terlalu tinggi, dan secara teknis, lebih mempermudah pengembangan aplikasi (upgrade) dan dapat dikatakan irit bandwidth.

         Konsep Jaringan

Konsep jaringan adalah proses pengiriman data atau informasi dari komputer pengirim ke computer penerima melalui satu media komunikasi tertentu secara cepat dan tepat.

         Layanan Internet

Meskipun Web adalah layanan yang paling populer diantara pengguna internet, namun itu bukanlah satu-satunya yang ada di dunia maya ini.

1.      E-mail (Electronic Mail)

2.      FTP (File Transfer Protocol)

3.      Newsgroup

4.      Milis (Mailing List)

5.      Chatting

6.      Instant Messaging

7.      VoIP (Voice over Internet Protocol)

·         Arsitektur Internet

Arsitektur internet terdiri dari berapa sistem yang terdapat di internet. Sistem itu berhubungan dan membentuk sebuah jaringan yang dapat berfungsi menghubungi komputer satu dengan komputer lainnya untuk saling bertukar data dari komputer satu komputer yang lainnya.

         Konsep Aplikasi Internet

Konsep Aplikasi Internet pada awalnya hanya berupa aplikasi untuk mengirim dan menerima data. Tapisemakin berkembangnya zaman nyang semakin modern didalam internet yang disebut sebagai system jaringan kini mempunyai banyak aplikasi.

Aplikasi yang dimiliki  inter saat ini bnayak sekali dari dapat mengirim data jarak jauh diantara satu computer dengan computer lainnya, dapat juga membuat orang bertatap muka dari tempat yang berjauhan menggunakan aplikasi-aplikasi di dalam internet.

Terdapat banyak cara untuk memulai Outlook Express, tapi berikut ini cara pasti untuk menemukan dan memulainya.

  • Buka Email
  1. Klik tombol Mulai.
  2. Arahkan ke Semua Program.
  3. Klik Outlook Express.
  4. Jika ditanya apakah Anda ingin membuka akun khusus ini secara otomatis setiap kali Anda memulai Outlook Express, klik Ya (jika Anda menginginkannya) atau Tidak (jika Anda tidak menginginkannya).
    Jika Anda tidak ingin mendapat pertanyaan ini lagi, klik untuk mencentang Selalu periksa ini… kotak.
  5. Centang Ketika Outlook Express mulai, langsung menuju Kotak Masuk saya.
    Outlook Express mengarahkan semua surat masuk ke Kotak Masuk sehingga berarti melewati halaman pembuka ini.
    Apabila Anda tidak melihat daftar map dan kontak di kiri, klik Tata Letak pada menu Tampilan. Klik Kontak dan Daftar Map untuk memeriksanya, kemudian klik OK. Mulai cepat. Anda akan melihat ketika Anda menggunakan Outlook Express secara teratur, Dalam hal itu, klik saja ikon Outlook Express dalam menu Mulai untuk membuka program.
  • Buat Email dan Kirim Email

Wisaya Sambungan Internet mempercepat penataan kotak surat daring Anda dengan melewati setiap langkah untuk masing-masing akun email yang Anda buat.

  1. Sebelum Anda melanjutkan, pastikan Anda mengetahui alamat email serta informasi berikut. (Anda mungkin perlu menghubungi Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda untuk mendapatkannya.)
    Pertama, informasi tentang server email

    • Jenis server email yang Anda gunakan: POP3 (sebagian besar akun email), HTTP (seperti Hotmail), atau IMAP
    • Nama server email masuk
    • Untuk server POP3 dan IMAP, nama server email keluar (umumnya SMTP)

Kedua, informasi tentang akun Anda:

    • Nama dan kata sandi akun Anda
      (Untuk saran yang tepat tentang membuat kata sandi yang aman, baca artikel Membuat kata sandi yang kuat .)
    • Temukan apakah ISP Anda mengharuskan penggunaan Otentikasi Kata Sandi Aman (SPA) untuk mengakses akun email Anda – ya atau tidak diperlukan.
  1. Mulai Outlook Express, dan pada menu Alat, klik Akun.
    Apabila Wisaya Sambungan Internet mulai secara otomatis, lewati sampai langkah 4.
  2. Klik Tambah, kemudian klik Surat untuk membuka Wisaya Sambungan Internet.
  3. Mulai Outlook Express, dan pada menu Alat, klik Akun.
    Apabila Wisaya Sambungan Internet mulai secara otomatis, lewati sampai langkah 4. Klik Tambah, kemudian klik Surat untuk membuka Wisaya Sambungan Internet.
  4. Pada halaman Nama Anda, ketik nama yang ingin Anda tampilkan kepada semua orang yang mendapatkan email dari Anda, kemudian klik Berikutnya.
    Sebagian besar orang menggunakan nama lengkap tapi Anda dapat menggunakan nama apa saja – bahkan nama sebutan – yang akan dikenali orang.
  5. Pada halaman Alamat Internet Explorer, ketik alamat email Anda, kemudian klik Berikutnya. Pada halaman Nama Server Email, isi blok pertama dengan informasi yang Anda kumpulkan dari ISP dalam langkah 1, kemudian klik Berikutnya.
  6. Pada halaman Logon Surat Internet, ketik nama dan kata sandi akun Anda.

·                               Organisasi Email

Organisasi email adalah kumpulan berbagai email dari setiap user, yang berada di dalam grup, yang dapat memberikan informasi satu sama lain tanpa harus mengirimkan informasi tersebut ke alamt email  setiap user tapi dapat dikirim ke dalam organisasi tersebut dan dapat diterima oleh semua email user tersebut.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: