K E R J A

Published 27 Juni 2013 by DindaAdzaniah

K E R J A

 

            Kepeuasan kerja adalah hal yang sifatnya individual. Setiap individu mempunyai tingkat kepuasan kerja yang berbeda-beda. Tingkat kepuasan kerja dapat dilihat dari beberapa factor yang menimbulkan dan mendorong kepuasan kerja, yaitu :

1.   Factor Psikologik

2.   Factor Sosila

3.   Faktor Fisik

4.   Factor Financial

Didalam berkerja para pekerja bukan hanya memiliki sifat kepuasan kerja tetapi perkerjaan juga dapat membuat mereka stress. Stress sebagai suatu istilah yang merangkumi tekanan, ketegangan, perasaan gemuruh, anxiety, hilang daya, panic dan kemurungan. Stress kerja adalah suatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanya ketidak seimbangan fisik dan pisikis, yang mempengaruhi emosi, proses berfikir, dan kondisiseorang karyawan.

Prsoses terjadinya stress kerja dapat disebabkan oleh masalah-masalah yang terjadi didalam organisasi dan diluar organisasi, didalam organisasi yaitu :

1.   Factor lingkungan fisik

2.   Factor organisasi

3.   Tingkat kecepatan kerja individu

4.   Pekerjaan yang rentan stress

Dilain pihak stress kerja yang disebabkan oleh masalah-masalah diluar organisasi yaitu:

1.   Kekuatiran financial

2.   Masalah-masalah yang bersangkutan dengan anak

3.   Masalah-masalah fisik

4.   Masalah-masalah perkawinan

5.   Perubahan-perubahanyang terjadi titempat tinggal

6.   Masalah-masalah pribadi lainnya, seperti kematian anak saudara

Stress kerja juga dapat dihindari jika kita memiliki disiplin kerja. Disiplin kerja adalah suatu sikap tingkah laku dan perbuatan yang sesuai denagn peraturan dari perusahaan baik tertulis maupun tidak tertulis. Factor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan kerja yaitu :

1.   Besar kecilnya pemberian kompensasi

2.   Ada tidaknya keteladanan pimpiann dalam perusahaan

3.   Ada tidaknya aturan pasti yang dapat dijadika pegangan

4.   Keberanian pimpiann dalam mengambil tindakan

5.   Ada tidaknya pengawasan pimpinan

6.   Ada tidaknya perhatian kepada karyawan

7.   Diciptakan kebiasaan-kebiasaan yang mendukung tegaknya disiplin

Hal-hal yang menunjang kedisipliann kerja adalah ancaman, kesejahteraan, ketegasan, pertisipasi, tujuan dan kemampuan, keteladanan pimpinan. Ada berapa cara untuk menegakkan disiplin kerja dalam suatu perusahaan yaitu :

1.   Disiplin harus ditegakan seketika

2.   Disiplin harus didahului peringatan dini

3.   Disiplin harus konsisten

4.   Disiplin harus impersonal

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: