Lalu Lintas Pembayaran Internasional

Published 27 Juni 2013 by DindaAdzaniah

Lalu Lintas Pembayaran Internasional

 

            Gambaran umum lalu lintas pembayaran internasional adalah transaksi-transaksi pembayaran antara daerah tidak akan menjumpai masalah-masalah semacam yangbanyak dijumpai dalam lalu lintas pembayaran internasional, oleh karena semua daerah kekuasan sebuah Negara peda umumnya menggunakan mata unag yang sama.

            Bank memiliki peran penting dalam lalu lintas pembayaran internasional, bagi impotir bank devisa merupakan lembaga denagn siapa mereka dapat menjual belikan surta-surat wesel keluaran luar negeri dan menggunakannya sebagai perantara dalam mengadakan penagihan-penagihan debitur diluar negeri.

            Ada tiga pola yang membedakan hubunagn antara bank dalam melaksanakan penyelesain utang piutang diantaranya sebagai berikut :

1.      Penyelesaian utang piutang dengan pola desentralisasi

2.      Penyelesaian utangpiutang secara terpusat

3.      Campuran drai kedua bentuk tersebut

Valuta asing dan bursa valuta asing adalah dua hal yang selalu diperemukan dalam pembayaran internasional kerena mengingat bahwa untuk melaksanakan pembayaran kepada penduduk Negara lain diperluakn valuta asing, sedangkan sebaliknya penerimaan pembayaran dari penduduk Negara lain menciptakan penawaran bursa valuta asing.

            Dalam lalu lintas pembayaran internasional juga terdapat dua mata uang yaitu, mata uang kuat dan mata uang lemah. Mata uang kuat adalah mata uang suatu Negara yang mempunyai permintaan stabil dan fluktuasinya kecil dalam pasar uang internasional dan sering digunakan dalam perdagangan internasional.

            Sedangkan mata uang lemah adalah kondisi alat pembayaran suatu Negara kurang diminati jika disbandingkan denagn mata uang Negara lain.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: