Pengertian Hukum dan Hukum Ekonomi

Published 6 Oktober 2013 by DindaAdzaniah

Pengertian Hukum dan Hukum Ekonomi

 

Ilmu hukum adalah suatu sistem aturan yang secara resmi dianggap mengikat yang dikukuhkan oleh seorang penguasa melalui lembaga atau institusi hukum. Berikut definisi hukum menurut para ahli hokum :

  1. E. Utrecht

Hukum adalah himpunan peraturan (baik berupa perintas maupun larangan) yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat dan seharusnya ditaati oleh anggota masyarakat yang bersangkutan. Oleh karena itu pelanggaran petunjuk hidup tersebut dapat menimbulkan tindakan dari pihak pemerintah.

  1. Mochtar Kusumaatmadja dalam “Hukum, Masyarakat dan Pembinaan Hukum Nasional (1976:15)

Hukum merupakan keseluruhan asa-asa dan kaidah-kaidah yang mengatur kehidupan manusia dalam masyarakat, dan juga mencakupi lembaga-lembaga (institutions) dan proses-proses (processes) yang mewujudkan berlakunya kaidah-kaidah itu dalam kenyataan.

  1. Van Kan

Hukum adalah keseluruhan peraturan hidup yang bersifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusiadidalam masyakat. Peraturan dalam menjalankan kehidupan diperlukan untuk melindungi kepentingan dengan tertib.

  1. Lily Rasjidi

Hukum bukan sekedar merupakan norma melainkan juga institusi.

  1. Hans Kelsen

Hukum adalah sebuah ketentuan social yang mengatur perilaku mutual antara manusia, yaitu sebuah ketentuan tentang serangkaian peraturan yang mengatur perilaku tertentu manusia dan hal iniberarti sebuah system norma, jadi hukum itu sendiri adalah ketentuan.

  1. Wiryo Kusumo

Hukum adalah keseluruhan peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur tata tertib dalam masyarakat dan terhadap pelanggarannya umumnya dikenakan sanksi.

  1. Marx

Hukum adalah pengemban amanat kepentingan ekonomi para kapitalis yang tidak segan memarakkan kehidupannya lewat exploitasi-exploitasi yang luas. Sehingga hokum bukan saja berfungsi sebagai fungsi politik saja akan tetapi juga sebagai fungsi ekonomi.

  1. Austin

Hukum adalah tiap-tiap undang-undang positif yang ditentukansecara langsung atau tidak langsung oleh seseorang pribadi atau sekelompok orang yang berwibawa bagi seseorang anggota atau anggota-anggota suatu masyarakat politik yang berdaulat, dimana yang membentuk hokum adalah yang tertinggi.

  1. A.L Goodhart

Hukum adalah keseluruhan yang dipakai oleh pengadilan.

  1. Soetandyo Wigjosoebroto

Hukum adalah suatu hal yang terdiri dari 3 (tiga) konsep hokum sebagai asas moralitas, hokum sebagai kaidah-kaidah positif yang berlaku pada waktu dan tempat tertentu dan yang ketiga, hukum dikonsepkan sebagai institusi yang rill dan fungsional dalam system kehidupan bermasyarakat.

  1. Abdulkadir Muhammad, SH

Hukum adalah segala peraturan tertulis dan tidak tertulis yang mempunyai sanksi yang tegas terhadap pelanggarannya.

  1. R. Soeroso SH

Hukum adalah himpunan peraturan yang dibuat oleh yang berwenang dengan tujuan untuk mengatur tata kehidupan bermasyarakat yang mempunyai cirimemerintah dan melarang serta mempunyai sifat memaksa dengan menjatuhkan sanksi hukuman bagi yang melanggarnya.

  1. Rudolf von Jhering dalam “Der Zweck Im Recht” 1877-1882

Hukum adalah keseluruhan peraturan yang memaksa yang berlaku dalam suatu Negara.

  1. Thomas Hobbes dalam “Laviathan” 1651

Hukum adalah perintah-perintah dari orang yang memiliki kekuasaan untuk memerintah dan memaksakan perintahnya kepeda orang lain.

  1. J.C.T Simorangkir, SH dan Woerjono Sastropranoto, SH

Hukum adalah peraturan-peraturan yang bersifat memaksa, yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat yang dibuat badan-badan resmibyang berwajib.

  1. Hugo Grotius (Huga de Grot) dalam “De Jure Belli Pacis” (Hukum Perang dan Damai), 1625

Hukum adalah aturan tentang tingkat moral yang mewajibkan apa yang benar.

  1. Tulliua Cicerco (Romawi) dalam  “De Legibus”

Hukum adalah akal tertinggi yang ditanamkan oleh alam dalam diri manausia untukmenetapkan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Jadi kesimpulan yang didapat dari yang dikemukakan para ahli ialah, Hukum adalah keseluruhan peraturan yang tertulis maupun tidak tertulis yang ditentukan secara langsung maupun tidak langsung oleh pribadi atau sekelompok orang untuk mengatur tata tertib dan harus ditaati oleh setiap anggota yang bersangkutan.

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Berikut ialah pengertian ekonomi menurut para ahli :

  1. Mill J.S

Ekonomi ialah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan.

  1. Paul A. Samuelson

Ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untukmemperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

  1. Adam Smith

Ekonomi ialah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan nergara.

  1. Herman Kartajaya

Ekonomi adalah platform dimana sector industry melekat diatasnya.

  1. Abraham Maslow

Ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluaan asas  kehidupan manusia melalui pengembangan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori  tertentu dalam suatu system ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.

Jadi Hukum Ekonomi adalahh sebuah hubungan sebab akibat atau peristiwa ekonomi yang saling berhubungan didalam kehidupan ekonomi masyarakat. Hukum ekonomi terbagi menjadi 2 (dua) yaitu :

  1. Hukum Ekonomi Sosial, yaitu seluruh peraturan dan pemikiran hokum mengenai cara-cara pembagian hasil pembangunan ekonomi secara adil dan merata, sesuai dengan hak asasi manusia.
  2. Hukum Ekonomi Pembangunan, yaitu seluruh peralatan dan pemikiran hokum mengenai cara-cara peningkatan dan pengembangan kehidupan ekonomi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: