Pengertian Manajemen Ritail

Published 6 April 2014 by DindaAdzaniah

Pengertian Manajemen Ritail

 

Menurut teori ada beberapa definisi dari manajemen, sebagai contohnya saya ambil beberapa definisi yaitu :

  1. Alex. S. Nitisemito (1992:9) manajemen adalah ilmu dan seni untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain.
  2. Sedangkan Menurut Malatu S.P. Hasibuan (1995:9) manajemen merupakan ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Sehingga daridefinisi diatas bisa diambil suatu kesimpulan bahwa manajemen adalah suatu ilmu atau seni yang merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengendalian yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.

Ritail berasal dari bahasa Perancis yaitu ” Retailer” yang berarti ” Memotong menjadi kecil kecil” (Risch, 1991 ). Dalam kamus Bahasa Inggris – Indonesia, Retail bisa juga di artikan sebagai “Eceran”. Menurut Kamus, ritel adalah penjualan barang atau jasa kepada khalayak (Manser, 1995). Sedangkan difinisi ritail menurut ahli yaitu :

  1. Gilbert (2003) Retail adalah Semua usaha bisnis yang secara langsung mengarahkan kemampuan pemasarannya untuk memuaskan konsumen akhir berdasarkan organisasi penjualan barang dan jasa sebagai inti dari distribusi.
  2. Berikut ini adalah definisi dari ritel menurut Berman dan Evans (2001:3) “retail consists of the business activities involved in selling goods and services to consumers for their personal, family, or household use” yang bisa diartikan bahwa ritel merupakan kegiatan bisnis yang terlibat dalam penjualan barang maupun jasa kepada konsumen untuk kebutuhan pribadi, kebutuhan keluarga, atau kebutuhan rumah tangga.

Jadi ritel adalah kegiatan penjualan barang dan jasa secara langsung kepada konsumen akhir untuk pemakaian pribadi dan rumah tangga, bukan untuk keperluan bisnis. Bila institusi pabrikan, wholesaler atau retail store menjual sesuatu kepada konsumen akhir untuk pemakaian nonbisnis, maka berarti mereka telahmelakukan penjualan eceran.

Setelah mengetahui definisi dari manajemen dan ritail maka bisa disimpulkan bahwa manajemen ritail adalah pengaturan keseluruhan faktor-faktor yang berpengaruh dalam perdagangan ritail, yaitu perdagangan langsung barang dan jasa kepada konsumen.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: